Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

~ “Fath al-Khabîr bi Miftâh al-Tafsîr”; Kitab Syarah Alfiyyah Ilmu Tafsir Karangan Syaikh Mahfuzh Tremas yang Berlum Terungkap

~ “Fath al-Khabîr bi Miftâh al-Tafsîr”; Kitab Syarah Alfiyyah Ilmu Tafsir Karangan Syaikh Mahfuzh Tremas yang Berlum Terungkap


-----
Ini adalah halaman pertama dari manuskrip kitab berjudul “Fath al-Khabîr bi Syarh Miftâh al-Tafsîr ” karangan ulama besar Makkah asal Nusantara (Tremas, Jawa Timur), yaitu Syaikh Muhammad Mahfûzh ibn ‘Abdullâh ibn ‘Abd al-Mannân al-Tarmasî al-Jâwî tsumma al-Makkî (w. 1338 H/ 1920 M).
Kitab ini merupakan penjelasan dan komentar (syarh) atas teks (matn) berjudul “Miftâh al-Tafsîr” yang juga dikenal dengan “Alfiyyah ‘Ilm Tafsîr” karangan Syaikh “Fûdî” ‘Abdullâh ibn Muhammad ibn ‘Utsmân ibn Shâlih al-Shaktî al-Naîjîrî (w. 1244 H/ 1829 M), seorang ulama besar tafsir asal Nigeria yang hidup di abad ke-13 Hijri.
Saya mendapatkan salinan manuskrip kitab “Fath al-Khabîr” dalam bentuk digital dari sahabat saya, al-Fadhil Duktur Akhmad Saufan santri-akademisi yang kini sedang meneliti naskah-naskah Tremas langsung dari lumbung pusakanya. Adapun manuskrip aslinya tersimpan di perpustakaan KH. Muhammad bin Harir bin Muhammad bin Mahfuzh, cicit dari Syaikh Mahfuzh Tremas yang kini bermukim di Betengan, Demak (Jawa Tengah).
Manuskrip ini ditulis dalam bahasa Arab dengan corak aksara Arab bergaya “nasta’liq” dengan tinta berwarna hitam disela merah. Tulisan naskah sangat bagus dan mudah dibaca. Jumlah keseluruhan manuskrip sebanyak 302 halaman, termasuk di dalamnya halaman sampul, empat halaman fihrist (daftar isi), dan satu halaman daftar karya-karya Syaikh Mahfuzh Tremas.
Teks “Miftâh al-Tafsîr” sendiri terdiri dari 1202 bait puisi (manzhûmah) dalam irama “rajaz” yang menghimpun kajian ilmu-ilmu tafsir dan ilmu-ilmu al-Qur’an dari segi asbâb al-nuzûl (konteks turunnya suatu ayat), an-nâsikh wal mansûkh (perevisian suatu ayat), al-muhkam wal mutasyâbih (ayat yang eksplisit dan implisit), al-Makkî wa al-Madanî (ayat yang turun sebelum peristiwa hijrah atau sesudahnya), dan lain sebagainya. Selain itu, dikaji juga beberapa masalah penting yang harus diketahui oleh seorang mufassir sebagai sandaran dalam menafsirkan al-Qur’an.
“Miftâh al-Tafsîr” juga merupakan ringkasan dari dua buah kitab berjudul “Itmâm al-Dirâyah li Qurrâ al-Niqâyah” dan “al-Itqân fî ‘Ulûm al-Qur’ân” karangan al-Hâfizh Jalâl al-Dîn al-Suyûthî (w. 911 H/ 1505 M) yang masyhur dalam bidang kajian ilmu-ilmu tafsir dan ilmu-ilmu al-Qur’an.
Syaikh Mahfuzh Tremas menjelaskan dan mengomentari (syarh) kandungan teks “Miftâh al-Tafsîr” tersebut, yang kemudian dinamakan “Fath al-Khabîr bi Syarh Miftâh al-Tafsîr”. Dalam upaya menjelaskan dan mengomentari teks tersebut, Syaikh Mahfuzh juga banyak merujuk pada dua kitab karangan al-Sayûthî yang disebutkan di atas, yaitu “Itmâm al-Dirâyah” dan “al-Itqân”. Dalam muqaddimahnya, Syaikh Mahfuzh Tremas menulis;
أما بعد. فيقول أحقر الورى وأذل من في أم القرى. محمد محفوظ بن عبد الله الترمسي. منى الله جزيل فضله الوفي. هذا تعليق لطيف وشرح ممزوج ظريف على أرجوزة العلامة الجليل الفهامة النبيل الشيخ عبد الله بن محمد بن عثمان المشهور بفودي المغربي رحمه الله تعالى وأسكنه في جواره العلي، يبين فيها مفادها ويوضح أمثلتها آخذا غالب ذلك من الإتقان وإتمام الدراية حيث أن فيهما فضلا عن الكفاية وغنية للأذكياء ذوي العناية، فلا جرم أني سميت هذا الشرح "فتح الخبير بمفتاح التفسير".
Di atas, Syaikh Mahfuzh menyebut identitas Syaikh ‘Abdullâh ibn Muhammad ibn ‘Utsmân dengan julukan “al-Fûdî al-Maghribî”. Al-Fûdî adalah bahasa Nigeria yang berarti “al-Faqîh” dalam bahasa Arab, atau Kiyai dalam bahasa Jawa. Sementara nisbat “al-Maghribî” mengidentifikasi asal daerah Syaikh ‘Abdullâh Fûdî, yaitu dari kawasan barat dunia Islam. Nigeria, tempat asal Syaikh ‘Abdullâh Fûdî, termasuk dalam kawasan “al-Maghribî”, dimana ia terletak di selatan Aljazair dan di timur Mauritania.
Dalam kolofon, Syaikh Mahfuzh Tremas menceritakan jika ia menyelesaikan karyanya ini dalam masa empat bulan kurang dua hari, terhitung mulai tanggal 25 bulan Rabiul Awal tahun 1337 Hijri, dan selesai pada hari Kamis selepas azan Zuhur, 23 Rajab pada tahun yang sama. Tempat penulisan karya ini adalah di kota Makkah. Dikatakan oleh Syaikh Mahfuzh;
وكان تأليفي له أربعة أشهر إلا يومين، لأني ابتدأت فيه الخامس والعشرين من شهر الربيع الأول سنة 1337 وفرغت منه هذا اليوم أعني يوم الخميس عقب أذان الظهر الثالث والعشرين لرجب الفرد تلك السمة من هجرة من له تمام المجد. وكان ذلك بمكة المكرمة.
Keberadaan manuskrip “Fath al-Khabîr bi Syarh Miftâh al-Tafsîr” ini kian menambah informasi dan data akan karya-karya Syaikh Mahfuzh Tremas yang belum terpublikasikan. “Fath al-Khabîr” yang merupakan syarh atas “Alfiyyah Ilmu Tafsir” ini pun melengkapi “syarah alfiyyah” Syaikh Mahfuzh Tremas lainnya, yaitu “Manhaj Dzaw al-Nazhar bi Syarh Manzhûmah Ahl al-Atsr”, yang merupakan syah atas “Alfiyyah Ilmu Hadits” karya al-Imâm al-Sayûithî.
Bogor, Januari 2015
(Ustadz Ahmad Ginanjar Sya'ban)


ditulis oleh Rijal Mumazziq Z Posted by Penerbit imtiyaz,http://imtiyaz-publisher.blogspot.com/ Penerbit Buku Buku Islam.

Post a Comment for "~ “Fath al-Khabîr bi Miftâh al-Tafsîr”; Kitab Syarah Alfiyyah Ilmu Tafsir Karangan Syaikh Mahfuzh Tremas yang Berlum Terungkap"