Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Peta Gerakan Islam Kontemporer di Indonesia

http://www.penerbitimtiyaz.com/

Penyampaian Materi "

Peta Gerakan Islam Kontemporer di Indonesia" secara virtual dalam acara PKD PMII Rayon Tarbiyah Komisariat IAI Syarifuddin Lumajang. 
Pagi, tadi. 
Secara garis besar, muara perbedaan pandangan di antara berbagai corak gerakan Islam yang berkecambah menjadi ormas dan partai politik ini ada pada: ideologi, konsep/sistem kenegaraan versi mereka, corak dan medan dakwah, pola gerakan dan jaringan internasional.
Jangan heran jika pada satu titik, beberpa ormas bisa sevisi, namun dalam hal lain mereka bergesekan secara frontal. Misalnya, NU dan Muhammadiyah bisa sama dalam soal politik kebangsaan, namun dalam amaliah keagamaan berbeda. 
Secara aqidah, amaliah, dan keilmiahan, NU hampir sama dengan FPI (madzhab, Amaliah rutin, tarekat dll) namun soal politik kebangsaan punya irisan yang berbeda.
Dalam soal lain, NU punya visi dakwah sosial kemasyarakatan dan bahkan tarekat yang identik dengan yang diikuti Jamaah Tabligh, namun soal gerak dan metode, ini yang berbeda. Jamaah NU memilih dakwah menetap dengan mendirikan beberapa lembaga pendidikan, sedangkan JT memilih gerak nomaden dengan dinamika yang mereka miliki.
Di kalangan muslim yang berpandangan ekstrem, seperti DI-TII dan turunan ideologisnya, al-Qaidah dan varian lokalnya, serta ISIS dengan pengikutnya, HTI dengan simpatisannya, masing-masing punya corak berbeda dan antar faksi terlibat saling mengkafirkan.
Tukaran teroooos, es teroooos, es teroooos!

Post a Comment for "Peta Gerakan Islam Kontemporer di Indonesia"